Implementasi Kebijakan Pelayanan Daring Melalui Aplikasi “Aku Mandiri” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir

Authors

  • Dwi Pelyadina Universitas Sriwijaya
  • Tuty Khairunnisyah Universitas Sriwijaya
  • Junaidi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.47753/pjap.v3i1.41

Keywords:

implementasi kebijakan, pelayanan online, aplikasi AKU MANDIRI, tujuan pembangunan berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan proses implementasi kebijakan pelayanan daring melalui aplikasi “AKU MANDIRI” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menggunakan kerangka pikir yang dikembangkan Edward III (1980). Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pelayanan daring melalui aplikasi “AKU MANDIRI” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal. Hal ini disebabkan beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor penghambat adalah sosialisasi yang dilakukan belum menyeluruh ke semua desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. Sedangkan faktor pendukung bersumber dari sumber daya yang sudah berjalan dengan baik dilihat dari kualitas dan kuantitas dimana semua operator sudah berjumlah cukup dan sudah mengikuti bimbingan teknis, sikap implementor yang cepat dalam memproses pengajuan yang dilakukan masyarakat serta adanya struktur birokrasi yang sudah sesuai dengan pembagian tugas dan fungsinya masing-masing.

Downloads

Published

01/16/2023

How to Cite

Pelyadina, D., Khairunnisyah, T., & Junaidi. (2023). Implementasi Kebijakan Pelayanan Daring Melalui Aplikasi “Aku Mandiri” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir. PESIRAH: Jurnal Administrasi Publik, 3(1). https://doi.org/10.47753/pjap.v3i1.41