Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Timor Tengah Utara
DOI:
https://doi.org/10.47753/pjap.v3i2.47Keywords:
administrasi kependudukan, efektivitas, kartu keluarga, manajemen pelayanan, pelayanan publik, pemerintah daerahAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pelayanan pembuatan kartu keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data bersifat analisis deskriptif. Informan penelitian adalah Kepala Dinas, Pegawai Bidang Pelayanan Kartu Keluarga, warga masyarakat pengguna jasa layanan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pembuatan kartu keluarga belum efektif dan berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan pemerintah. Peneliti merekomendasikan kepada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten TTU untuk: (a) meningkatkan pengetahuan dan keahlian para pegawai dalam melayani warga; (b) melaksanakan kegiatan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan tentang pentingnya kartu keluarga karena sebagai identitas kepala keluarga agar masyarakat sadar akan kepemilikan kartu keluarga bagi setiap kepala keluarga; (c) menambah alat pencetakan kartu keluarga agar proses pencetakan cepat dan tepat dengan waktu yang ditentukan dengan mengajukan usulan kepada kantor pusat untuk penambahan alat pencetakan kartu keluarga; (d) memperhatikan tempat pelayanan seperti penambahan kursi diruang tunggu bagian luar agar pengguna/jasa, mendapatkan tempat duduk pada saat mengantri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PESIRAH: Jurnal Administrasi Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.