Patologi Birokrasi pada pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Maros

Authors

  • Ahmad Rosandi Sakir Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.47753/pjap.v4i2.70

Keywords:

patologi birokrasi, Pajak Kendaraan Bermotor, Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalamkan analisis terhadap beberapa penyimpangan yang terjadi dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Maros dan Bagaimana Upaya Pemangku Kepentingan di SAMSAT Maros dalam Mencegah Praktik Pungutan Liar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami dan menganalisis patologi birokrasi dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Maros. Lokasi penelitian adalah Kantor SAMSAT Maros, dipilih karena mewakili pusat pelayanan pajak kendaraan bermotor di wilayah tersebut. Hasil Penelitian ini adalah Perlu adanya Perbaikan transparansi prosedur pembayaran pajak di SAMSAT Maros sangat mendesak untuk membangun kepercayaan masyarakat dan meningkatkan partisipasi dalam pembayaran pajak kendaraan. Upaya lebih lanjut dalam menyediakan informasi yang jelas dan mudah diakses perlu ditingkatkan, seperti melalui sosialisasi dan pemasangan poster yang menjelaskan prosedur pelayanan. Selain itu, permasalahan integritas, moralitas, dan disiplin di kalangan oknum terkait lembaga menunjukkan perlunya tindakan penegakan aturan dan pembinaan etika. Di sisi lain, komitmen anti pungutan liar yang ditandatangani oleh UPT Pendapatan, Kepolisian, dan Jasa Raharja memberikan langkah positif dalam menciptakan pelayanan yang bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Downloads

Published

04/29/2024

How to Cite

Sakir, A. R. (2024). Patologi Birokrasi pada pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Maros. PESIRAH: Jurnal Administrasi Publik, 4(2). https://doi.org/10.47753/pjap.v4i2.70